STRIKER.ID – Pemain depan tim nasional Nigeria U-23 Taiwo Awoniyi gagal untuk bisa beraksi di Liga Primer Inggris bersama Liverpool, setelah ia gagal mendapatkan izin kerja dari otoritas Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sebenarnya, pemain berusia 21-tahun ini sudah memiliki kontrak panjang dariLiverpool sejak Agustus 2015 lalu, setelah pindah dari akademi lokal Nigeria, Imperial Academy, namun hingga detik ini belum pernah menjalani debut dengan tim senior The Reds.

Baca juga:

Ia sendiri selama ini dipinjamkan Liverpool kepada tim Belgia Mouscron.

“Inilah yang selalu menggu pemikiran saya selama ini, saya selalu terganjal mendapatkan izin kerja dari Inggris dalam empat tahun terakhir,” keluh Awoniyi, seperti dikutip dari BBC Sport.

“Pada akhir musim ini, saya akan pergi ke Liverpool dan berdiskusi dengan mereka soal masa depan,”

“Semua orang tahu bagaimana pentingnya izin kerja, dan bagaimana mendapatkannya, dan itulah yang anda perlukan, salah satunya bisa didapat dengan bermain untuk tim nasional,”

“Jika anda tidak mendapat kesempatan dengan tim nasional, maka akan semakin sulit untuk bisa mendapatkan izin kerja,”

“Secara pribadi, saya pilih Liverpool karena saya sangat ingin bermain di Liga Primer Inggris untuk Liverpool,”

“Namun jika Tuhan berkehendak, apapun bisa terjadi, namun jika tidak terwujud, saya akan tetap memandang kedepan dan berusaha dengan kehidupan dan kerir saya,” uajrnya.

Penuh pengalaman di kelompok umur, masih nantikan timnas senior

Masa peminjaman pertama Awoniyi adalah ke klub kasta kedua Liga Jerman FSV Frankfurt pada musim 2015-2016, dilanjutkan dengan ke NEC Nijmegen di Belanda. Dengan harapan bisa menarik perhatian timnas senior dan mempermudah mendapat izin kerja.

Untuk pemain dengan paspor non Eropa, untuk bisa mendapatkan izin kerja di Inggris, mereka memangh harus memiliki caps tertentu untuk timnas level senior di kompetisi teratas.

Artinya, seorang pemain non Eropa, harus bermain setidaknya 75% melawan negara penghuni peringkat 50 besar FIFA dalam dua tahun terakhir.

Awoniyi sendiri, merupakan bagian dari skuat juara Nigeria di Piala Dunia U-17 pada 2013 lalu, serta bagian dari tim Elang Super U-23 ketika meraih tiket ke putaran final Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Setelah bermain di timnas Nigeria dalam berbagai kelompok umur, striker muda ini sudah berusaha keras bersama Mouscron di Belgia untuk menunjukkan level permainannya, dan bisa bermain untuk timnas senior Nigeria, namun hal itu belum terwujud.

“Nigeria dilimpahi dengan begitu banyak pemain berbakat, dan ini membuat siapapun yang bisa membela negara di level internasional, menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa,” tambah Awoniyi.

“Semua orang berharap untuk bisa bermain di timnas. Dan jika saya mendapatkan kesempatan, maka saya akan sangat gembira, namun itu bukan suatu hal yang harus kita paksakan,”

“Saat ini, anda hanya bisa menunggu momen (bermain di timnas senior) datang, dan untuk itu anda harus bekerja keras,” pungkasnya.

Pada 2015 lalu Awoniyi juga bermain untuk Nigeri di Piala Dunia U-20 Selandia Baru, mencetak dua gol, dan kemudian membantu Nigeria U-23 menjadi juara di Piala Afrika Junior yang diadakan di Senegal.

Ia hanya melewatkan momen Olimpiade 2016 yang diadakan di Rio de Jainero Brasil.

Komentar

komentar