photo: Joko Susilo/striker.id

STRIKER.ID – Masa pandemi covid-19 memang belum bisa diketahui kapan berakhirnya. Pandemi virus bernama lain corona tersebut, membuat kegiatan olahraga berhenti. Bukan saja yang profesional, namun hingga level pembinaan di usia dini. Hal tersebut dirasakan di semua lini olahraga, termasuk juga sepakbola.

Seperti saat ini, banyak pembinaan di level usia dini dalam akademi dan sekolah sepak bola (SSB) masih harus dihentikan, dan menunggu protokol kesehatan dari pemerintah. Menyikapi hal tersebut, pelatih tim Liga 1 Persik Kediri, Joko Susilo pun juga turut merasa sedih.

“Saya juga lama menangani sepakbola usia dini dan muda, tentu saja situasi seperti ini akan membuat gusar bukan saja para pesepakbola, namun juga pelatih,” ucap mantan asisten pelatih Arema FC tersebut.

Karenanya, sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan bisa menjadi media pembelajaran bagi pelatih – pelatih SSB yang lain, pria yang juga akrab dengan panggilan “Gethuk” tersebut, memutuskan untuk menggunakan sarana teknologi informasi, yaitu melalui channel YouTube.

Pelatih dengan lisensi AFC A Pro tersebut, akan mulai rajin berbagi berbagai keilmuan tentang sepakbola, khususnya di level pembinaan melalui akun YouTube yang dia buat pada 1 Juni 2020, dengan nama “Pustaka Bola Joko Susilo” .

“Saya ingin berbagi ilmu dengan rekan – rekan pelatih, khususnya yang masih ada di level SSB, sehingga bisa menjadi pondasi kuat bagi persepakbolaan Tanah Air,” ucapnya.

Besar harapan Joko Susilo, video- video yang akan dia unggah nantinya, bisa menjadi modul pembelajaran dan pondasi bagi persepakbolaan Indonesia, sejak usia muda dan dini.

“Semoga apa yang saya bagi ini, bisa berguna dan bisa diterapkan temanĀ  – teman pelatih di seluruh Indonesia, khususnya nanti pasca pandemi. Apalagi saya dengar tidak lama lagi, pemerintah sudah akan memberikan izin untuk olahraga, dengan memperhatikan protokol kesehatan khusus keolahragaan,”

Komentar

komentar