Cara Menghapus Password di Windows 10 dengan Mudah dan Praktis!

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi paling populer yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, terkadang pengguna ingin menghapus password dari akun pengguna mereka karena alasan tertentu, seperti kenyamanan atau keamanan yang lebih rendah. Jika Anda ingin menghapus password di Windows 10 dengan mudah dan praktis, dirangkumdari Koranindonesia.id berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Menggunakan Fitur Netplwiz: Salah satu cara termudah untuk menghapus password di Windows 10 adalah dengan menggunakan fitur Netplwiz. Berikut adalah langkah-langkahnya: a. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”. b. Ketik “netplwiz” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. c. Jendela “User Accounts” akan muncul. Pada tab “Users”, hilangkan tanda centang dari opsi “Users must enter a user name and password to use this computer”. d. Klik “Apply” dan masukkan password akun pengguna saat diminta. e. Setelah itu, jendela “Automatically sign in” akan muncul. Masukkan kredensial pengguna yang ingin Anda gunakan untuk otomatis masuk ke Windows 10. f. Klik “OK” dan restart komputer Anda. Setelah restart, Windows 10 akan masuk tanpa meminta password.
  2. Menggunakan Opsi “Sign-in Options”: Windows 10 juga menyediakan opsi alternatif untuk menghapus password dengan menggunakan “Sign-in Options”. Berikut adalah langkah-langkahnya: a. Buka “Settings” dengan cara menekan tombol Windows + I. b. Pilih opsi “Accounts”. c. Pada panel kiri, pilih “Sign-in Options”. d. Di bagian “Password”, klik pada opsi “Change”. e. Windows akan meminta Anda untuk memasukkan password saat ini untuk keamanan. Masukkan password yang benar. f. Di jendela selanjutnya, biarkan semua bidang kosong dan klik “Next”. g. Terakhir, klik “Finish” untuk menyelesaikan proses penghapusan password.
  3. Menggunakan Command Prompt: Jika Anda lebih nyaman dengan penggunaan Command Prompt, berikut adalah langkah-langkahnya: a. Buka Command Prompt dengan hak administrator. Anda dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada tombol Start, lalu pilih “Command Prompt (Admin)”. b. Ketik perintah berikut: net user [nama_pengguna] “” (tanpa tanda kutip). Gantilah [nama_pengguna] dengan nama pengguna akun yang ingin Anda hapus passwordnya. c. Tekan Enter. d. Command Prompt akan memberi tahu Anda bahwa perintah tersebut berhasil dieksekusi dan password pengguna telah dihapus.
Baca Juga :  Step-by-Step: Cara Transfer Flip untuk Pemula

Menghapus password di Windows 10 dapat memberikan kenyamanan dalam mengakses sistem Anda. Namun, perlu diingat bahwa menghapus password juga mengurangi tingkat keamanan. Pastikan Anda mempertimbangkan risiko dan kebutuhan keamanan Anda sebelum mengambil langkah ini.

Demikianlah cara menghapus password di Windows 10 dengan mudah dan praktis, Dengan mengikuti langkah-langkah diatas.