Kevin Sanjaya Resmi Pensiun dari Dunia Badminton

striker.id – Kevin Sanjaya Sukamuljo secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia badminton pada Kamis (16/5). Pengumuman tersebut disampaikan Kevin melalui akun media sosialnya. Kevin merasa bersyukur atas semua pencapaian yang telah diraihnya dalam karir badminton, terutama bersama pasangannya, Marcus Gideon, yang lebih dulu mengumumkan pensiun pada Maret lalu.

” Baca Juga: Teknologi Mengurangi Kesenjangan dalam Pendidikan “

Perjalanan Karir Kevin di Dunia Badminton

Kevin mengungkapkan bahwa perjalanan karirnya di dunia badminton dimulai sejak usia 5 tahun. Pada usia 12 tahun, ia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-citanya menjadi atlet nasional. Pada tahun 2013, Kevin mendapat kesempatan untuk bergabung dengan PBSI di Jakarta. Ia merasa bersyukur atas semua pencapaian yang telah diraih bersama Marcus Gideon, meskipun mereka belum berhasil meraih medali Olimpiade dan kejuaraan dunia. Kevin menyatakan bahwa waktunya di dunia badminton sudah cukup sampai di sini.

Alasan di Balik Keputusan Pensiun

Salah satu alasan utama Kevin memutuskan untuk pensiun adalah masalah cedera yang tidak kunjung pulih sepenuhnya. Pemain berusia 28 tahun tersebut mengungkapkan bahwa ia telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat, dan mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan ini. Cedera bahu yang dialaminya sejak tahun 2017 tidak kunjung membaik, dan ditambah dengan cedera yang dialami oleh Marcus Gideon, mereka tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024.

Kevin sempat mendapatkan kesempatan untuk memiliki partner baru, namun ia merasa kurang cocok karena keduanya sama-sama pemain depan. Setelah itu, Kevin berdiskusi dengan pengurus PBSI mengenai langkah ke depan dalam karirnya di dunia badminton. Kevin menegaskan bahwa ia bermain badminton bukan untuk sekadar menjadi peserta, melainkan untuk memiliki tujuan yang jelas dan berarti.

Baca Juga :  Jonatan Christie Membawa Indonesia Memperkecil Ketinggalan

Pengunduran Diri dari Pelatnas Cipayung

Pernyataan pensiun Kevin Sanjaya dari dunia badminton diungkapkan tidak lama setelah PBSI memastikan bahwa dua kali juara All England tersebut mundur dari Pelatnas Cipayung. Keputusan ini menandai akhir dari perjalanan karir Kevin yang telah membawa banyak prestasi bagi Indonesia di kancah internasional.

” Baca Juga: Penguatan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar AS “

Kesimpulan

Kevin Sanjaya Sukamuljo mengakhiri karirnya di dunia badminton dengan rasa syukur atas semua pencapaian yang telah diraih. Meskipun tidak berhasil meraih medali Olimpiade dan kejuaraan dunia, prestasi yang diraih bersama Marcus Gideon tetap menjadi kenangan yang membanggakan. Masalah cedera yang tidak kunjung pulih dan ketidakcocokan dengan partner baru menjadi alasan utama Kevin memutuskan untuk gantung raket. Dengan pensiunnya Kevin, dunia badminton Indonesia kehilangan salah satu atlet terbaiknya, namun warisan prestasinya akan terus dikenang dan menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.